Saturday, May 11, 2013

Cara Memproteksi File Atau Folder Dengan Password Menggunakan Winrar


winrar,winzip,proteksi,password

Apakah anda mempunyai data yang bersifat rahasia? Jika ya, Anda bisa mengunci data tersebut dengan aplikasi yang sudah tidak asing lagi bagi kita, yaitu winrar.
bagaimana caranya?ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1.  .Klik kanan file atau folder yang ingin dikunci, lalu dari context menu yang muncul pilih add to archive.(pastikan komputer anda sudah terinstall aplikasi winrar).
  2. Pada jendela yang muncul, pilih tab general, lalu pada pilihan archive format, pilih format zip.Pada pilihan Archiving Options centang deletes files.
  3. Pilih tab Advanced, kemudian klik tombol Set Password.
  4. Pada jendela Archiving with Password, Anda diminta untuk mengisi pasword beserta verifikasinya. Isi sesuka hati anda. jika sudah selesai klik ok.
  5. Kembali ke jendela Archive Name, Sekarang anda tinggal mengaplikasikan pengaturan yang sudah kita buat, klik ok.
  6. Tunggu proses kompresi hingga selesai, lamanya tergantung ukuran file yang di-kompress.
  7. Jika sudah selesai, maka akan terbentuk file baru dengan format ZIP. Data anda tadi sudah tersimpan dengan aman di dalam file ZIP tersebut.
  8. Jika sudah berhasil memproteksi datanya, lalu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuka passwordmya? Sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan membuka file zip yang terbentuk tadi, lalu pada jendela yang muncul pilih file yang akan dibuka, kemudian pada jendela enter password, masukkan password yang sudah anda buat pada langkah ke-4 tadi.
   cukup mudah bukan?


6 comments:

  1. bagus gan tapi masih kurang, filenya masih bisa dihapus.
    salam,
    Harga Pulsa Murah

    ReplyDelete
  2. Selain bisa di hapus format zip juga bisa di upload/unggah/kirim ke situs dan bisa di extract atau di bongkar di situs bung, sebab zip fungsinya membungkus atau menjadi wadah dari berbagai file atau data2 penting.
    Di dalam komputer atau handphone jika format zip yang berisi data atau file rahasia yang sudah di kunci memang gak bisa di buka tanpa mengetahui password'nya, akan tetapi file zip msih bisa di hapus di kirim dan di extract di situs,,,
    mungkin ada cara lain lagi yang lebih sempurna dari sekedar bungkus jadi zip gak nich...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, klo cara yang lebih bagus sebenarnya ada, misalnya pake folder protector. tapi tetep masih bisa kehapus, kalo agan tahu cara untuk memproteksi file trus filenya gak kehapus bisa dishare dimari.

      Delete
  3. mau tanya cara agar data hanya bisa dikirim sekali saja bagaimana? biar gak bisa tersebar

    ReplyDelete
  4. Slip saja file yg penting tersebut dalam file yg berlapis, lalu ubah nama file tersebut dg nama yg seolah g penting, atau simpan saja dalam flasdisk pribadi, memang cara gila & ag rumit, namun dari pda file tersebut disalah gunakan,mau gmana lagi gan��

    ReplyDelete